CARA MENGHITUNG HARI NAAS BERDASARKAN WETON

" CARA MENGHITUNG HARI NAAS BERDASARKAN WETON " 

Hari Naas itu ibaratnya hari apes. Karena dalam kepercayaan masyarakat Jawa,  Pada hari tertentu dimana seseorang berposisi lemah secara spiritual. Sehingga bisa jadi hari tersebut akan mendatangkan kesialan baginya. Ketahui Hari Naas Anda Hari naas sangat berkaitan dengan weton atau hari lahir dan pasaran seseorang. Pada hari nahas inilah orang tersebut lemah secara spiritual. Untuk menentukan hari naas, atau yang disebut ‘dina was’ dalam Bahasa Jawa, maka kita perlu memahami neptu. Berapa hitungan neptu Anda bisa dilihat sebagai berikut: 

Hari lahir 

Senin : 4 
Selasa : 3 
Rabu : 7 
Kamis : 8 
Jumat : 6 
Sabtu : 9 
Minggu : 5 

Pasaran 

Pon : 7 
Wage : 4 
Kliwon : 8 
Legi : 5 
Pahing : 9 

Contoh: seseorang yang terlahir Senin Pahing berarti 4 ditambah 9, jumlahnya 13. Adapun jumlah hari was yang patut diketahui ada empat, yaitu Was 3, Was 5, Was 7 dan Was Gedhe. Cara Menghitung Hari Naas Bila Anda sudah mengetahui hari lahir dan pasaran seseorang, maka cara mengetahui hari wasnya adalah dengan menjumlahkan hari dan pasaran. Misalnya Selasa Kliwon, berarti 3 ditambah 8, sama dengan 11. 

Macam-macam hari naas atau sial ialah:
  • Was 3 masyarakat jawa sering menyebutnya (Tibo Ringkel)
  • Was 5 masyarakat sering menyebutnya (Pupak Puser)
  • Was 7
  • Was 11

Untuk menghitung Was 3, maka majulah hingga hari ketiga dari hari lahir. Lahir Selasa Kliwon, maka Was 3 nya ada di hari Kamis Pahing. (Keterangan: Selasa, Rabu, Kamis. Kliwon, Legi, Pahing …) 

Demikian pula untuk menghitung Was 5. Maju hingga hari kelima dari hari lahir (Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu) ditambah pasaran juga (Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage ). Sehingga Was 5 nya jatuh di hari Sabtu Wage. 

Baca Juga

Sedangkan Was 7 orang ini ada di hari Senin Legi. (Keterangan: Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, Senin . Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon, Legi ). Hari was yang paling ditakuti adalah Was Gedhe atau Was Gotong. Karena inilah titik paling lemah seseorang. Adapun cara menghitungnya adalah dengan menghitung hingga hari kesebelas dari hari lahir. Misalnya Selasa Kliwon (jumlah neptu 11), maka Was Gedhenya jatuh pada hari Jumat Kliwon. (Keterangan: Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat. Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon). 

Nah, demikianlah caranya. Sudah bisa menghitung hari naas Anda? 

NB..: Untuk memudahkan dan dimengerti .Praktek langsung lewat penanggalan yg ada hitungan neptu dirumah. Dg cara hitung maju kedepan langkah ke 3....5.....7....11.. Dari hari kelahiran serta satuan mu... hari lahir disini Buat Patokan perhitungan
Labels: BUDAYA

Thanks for reading CARA MENGHITUNG HARI NAAS BERDASARKAN WETON. Please share...!

0 Comment for "CARA MENGHITUNG HARI NAAS BERDASARKAN WETON"

APABILA BERMANFAAT BISA DI BOOKMARK DAN SHARE

Back To Top