MANFAAT DAUN PEPAYAH UNTUK KESEHATAN SIMAK !

10 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan 

Memiliki rasa yang begitu pahit, ternyata manfaat daun pepaya sangat baik bagi tubuh lho, Teman Sehat! Dari mengobati hingga pencegahan penyakit berbahaya sekalipun. Rasa pahit memang pada berbagai jenis makanan membuat sebagian orang menghindarinya. Padahal rasa pahit yang terkandung dalam makanan tersebut terkadang mengandung zat yang baik bagi tubuh. Sebagaimana rasa pahit pada daun pepaya. Meskipun rasa pahit pada bahan ini dapat diatasi saat mengolahnya menjadi sayur, sehingga banyak yang menyukainya. Rasa pahit di balik daun dan pepaya inilah yang menyimpan segudang khasiat daun pepaya yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, kandungan daun pepaya memiliki Tocophenol sebanyak 35 mg dalam setiap 100 mg. Sedangkan pada daun pepaya yang masih muda terkandung enzim papain. Enzim ini biasanya identik dengan getah berwarna putih kental yang berfungsi untuk memecah protein, karena bersifat proteolithik. Sedangkan pada daun pepaya tua mengadung senyawa fenolik. Namun secara umum daun pepaya mengandung papain 10 %, khimoprotein 45 %, dan lisozim 20 %. Enzim khimoprotein akan berfungsi sebagai katalisator dalam reaksi hidrolisis antara protein dan poplipetida. Sedangkan enzim lisizim merupakan zat antibakteri yang bekerja dengan cara memecah dinding sel bakteri. Sementara itu, rasa pahit daun pepaya disebabkan oleh kandungan alkaloid karpain yang sangat efektif digunakan untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba seperti amuba. 

 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Dengan kandungan zatnya yang begitu banyak, berikut manfaat daun pepaya yang baik untuk pencegahan pengakit hingga pengobatan. 

1. Sebagai penambah nafsu makan Bagi anak yang susah makan dapat diatasi dengan ramuan daun pepaya. Tumbuk daun pepaya kemudian disaring, ambil airnya. Air inilah yang dapat digunakan sebagai obat penambah nafsu makan. 

2. Melancarkan ASI Bagi ibu yang sedang menyusui, daun pepaya dapat melancarkan ASI. Caranya adalah menggunakan lima lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, kemudian tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.  

3. Memperkuat tulang dan gigi Dengan kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah sayur daun pepaya yang dapat disajikan dengan berbagai sajian. 

4. Mengobati nyeri haid Sebagian perempuan mengalami nyeri perut saat dan menjelang haid. Kandungan daun pepaya dapat meredakannya. Gunakan satu lembar daun pepaya mentah, air, asam jawa, dan garam, rebus hingga matang. Minumlah air rebusan tersebut. 

5. Menghilangkan jerawat Tumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah di jemur sebelumnya. Campurakan air hangat pada tumbukan tersebut, kemudian oleskan pada muka yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. 

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Daun pepaya bergizi karena mengandung nutrisi yang kuat dan penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentengi tubuh terhadap penyakit, kuman, dan infeksi. Daun pepaya menjaga penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

7. Mengatasi tekanan darah tinggi Sebagai penurun darah tinggi dapat digunakan rebusan lima lembar daun pepaya dengan setengah liter air. Minum air rebusan tersebut dengan menambahkan gula tau madu sebagai pemanis. 

8. Mencegah penyakit kanker Pada batang daun pepaya mengandung getah putih seperti susu (white milky latex). Liquid inilah yang yang berpeluang dikembangkan sebagai zat antikanker. Hasil penelitian ini dikutip oleh Journal Society of Biology. Getah ini pun secara otomatis akan ikut terkonsumsi ketika memakan daun pepaya dalam bentuk apa pun.  

9. Membantu pertumbuhan rambut Daun pepaya mengandung banyak phytochemical yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut; itu mencegah masalah rambut seperti kulit kepala gatal, kebotakan, penipisan rambut dan rambut patah. 

10. Melawan diabetes Daun pepaya efektif dalam meningkatkan sensitivitas glukosa; mengurangi kadar gula yang tinggi dan mengurangi biomarker yang berhubungan dengan diabetes tipe II. Sumber antioksidan yang melimpah dapat mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah; yang juga dapat mengurangi kerusakan bahwa diabetes dapat menyebabkan kerusakan organ, kerusakan saraf, luka dan sebagainya. Ini mempercepat penyembuhan luka pada pasien diabetes dan mencegah stres oksidatif. Itu dia 10 manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Meskipun pahit, yuk mulai sekarang rajin makan daun pepaya, Teman Sehat!
Labels: KESEHATAN

Thanks for reading MANFAAT DAUN PEPAYAH UNTUK KESEHATAN SIMAK !. Please share...!

0 Comment for "MANFAAT DAUN PEPAYAH UNTUK KESEHATAN SIMAK !"

APABILA BERMANFAAT BISA DI BOOKMARK DAN SHARE

Back To Top